Daftar Jajanan Sekolah yang Berbahaya Bagi Anak-Anak: Lebih Baik Bawa Makanan Rumah!

Tidak bisa dipungkiri bahwa jajan di sekolah adalah hal yang cukup menyenangkan, namun taukah kamu bahwa ada beberapa jajanan sekolah yang berbahaya bagi anak-anak kita? Jajanan apa sajakah itu? Mari kita bahas bersama.


Agar-agar

Pernahkah kamu menemui makanan ini di sekolah anak? Yups! jika pernah, bisa jadi agar-agar yang memiliki berbagai macam warna yang menarik ini adalah salah satu makanan yang bisa membahayakan kesehatan anak kita loh.

Karena ternyata agar-agar tersebut memiliki warna yang dihasilkan oleh pewarna tekstil dan juga mengandung borax, tapi jangan dulu takut, bisa saja agar-agar yang dijual di sekolah anak kita bukanlah agar yang berbahaya.

Untuk membedakannya kalian bisa memperhatikan dari warnanya, jika warna dari agar-agar tersebut terlihat bercayah, dan memiliki rasa yang tidak begitu manis dan juga meninggalkan rasa pahit di lidah, maka agar tersebut adalah agar-agar yang memiliki kualitas yang baik, namun jika agar-agar yang kalian lihat memiliki warna yang pekat, dan rasa yang begitu manis yang kemudian meninggalkan rasa pahit di lidah maka agar-agar tersebut telah bercampur dengan bahan kimia yang berbahaya bagi anak.

Cilok/Cimol

Jika kalian pernah melihat anak jajan cilok/cimol yang di jual dengan tempat yang terbuka, maka kalian sebagai orang tua patut berwaspada, karena tempat yang terbuka tersebut bisa membuat kualitas cilok/cimol menjadi makanan yang berbahaya yang di akibatkan telah terkontaminasi oleh demu yang mengandung banyak bakteri, dan jika anak memakan makanan tersebut maka bisa jadi anak akan mengalami diare.

Sosis dan Nugget

Pernah ga kalian melihat jajanan SD berupa sosis atau nugget yang di jual dengan harga yang cukup murah dan memiliki warna yang mencolok? Jika pernah maka jangan biarkan anak kita jajan makanan seperti itu, karena makanan tersebut merupakan daging olahan yang di fermentasi,pengasapan dan juga pengawetan, bahkan diketahui bahwa beberapa sosis dan nugget ini diberi pewarna tekstil agar warnanya semakin menggoda bagi si anak, parahnya jika anak kerap mengkonsumsi makanan tersebut, maka zat-zat kimia dari makanan tersebut bisa menyebabkan penyakit kangker bagi anak.

Sirup

Dan yang terakhir adalah sirup, apakah kalian pernah melihat anak membeli sirup dengan botol bening tanpa merk yang memiliki rasa yang bervariasi? Jika pernah maka mulai sekarang kamu harus melarang anak untuk membeli minuman tersebut, karena kemungkinan besar minuman tanpa merk tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang bisa merugikan bagi kesehatan anak.

Untuk itu agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, ada baiknya kita sebagai orang tua untuk berinisiatif untuk selalu memberikan anak bekal makanan dari rumah yang sudah pasti terjaga kualitas dan kebersihannya.